Singkong Goreng Cabe Garam

January 11, 2018



Menu cabe garam ini sempat viral, sampai-sampai semua makanan diberi topping cabe garam. Mulai dari tahu goreng, buncis, udang goreng, dan segala yang bisa dinikmati dengan cabe garam kecuali es krim..he.

Sebenarnya cabe garam ini nggak jauh beda dengan cabe kering yang kerap kita jumpai di supermarket. Sayangnya, belakangan saya yang suka pake banget akhirnya menyerah setelah sempat melihat video-vidio mengerikan yang entah dari mana asalnya.

Vidio berdurasi pendek itu memperlihatkan beberapa pekerja yang sedang memasukkan cabe-cabe kering ke dalam karung. Ya, sekadar cabe apa enegnya? Kalau hanya cabe kering pastinya saya tidak akan sampai menghindari cabe kering itu, masalahanya di dalam tumpukan cabe kering tersebut ada makhluk-makhluk kecil yang berlesatan dan berlarian ke sana kemari. Kalang kabut.

Dan faktanya, makhluk itu adalah tikus. Astagfirullah, meskipun tidak jelas video itu diambil di mana, tapi sebagai pecinta cabe kering saya jadi tersengat listrik mendadak..hoho. Apalagi paksu suka banget ngompor-ngomporin karena tahu saya gampang jijik. Oke, akhirnya saya menyerah tidak mau membelinya lagi. Geli bukan main.

Nah, kalau tidak mau repot dan tetap ingin konsumsi cabe kering yang enak dan gurih itu, bikin saja sendiri. Yup, akhirnya singkong goreng pun jadi menu bertopping cabe garam, ya! He..ini asli enak dan bikin nagih. Gurih singkong dan pedas asih gurihnya cabe garam bikin nggak mau berhenti. Jangan dicoba, deh. Khawatir ketagihan..he.

Sebaiknya teman-teman memilih singkong yang empuk. Karena saya pun masih kesulitan mencari singkong yang bagus kecuali mencari sendiri di pasar. Karena pemalas, saya hanya beli di tukang sayur saja selama ini.

Bahan:
500 gr singkong, kupas dan potong sesuai selera
3 siung bawang putih
Secukupnya garam
Secukupnya air

Bahan cabe garam:
1 genggam cabe rawit merah dan hijau, iris
3 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
Secukupnya garam

Cara membuat:
·         Haluskan bawang putih bersama garam. Campur air secukupnya saja. Ungkep singkong bersama bumbu sampai matang dan air sat.
·         Goreng singkong dalam minyak panas sampai keemasan. Sisihkan.
·         Tumis bahan cabe garam, bumbui dengan garam. Tumis sampai bahan mengering. Angkat dan jadikan taburan di atas singkong goreng.


Jika teman-teman terbiasa menggunakan kaldu bubuk (ayam atau sapi), silakan ditambahkan sesuai selera, ya. Caranya gampang banget dan pastinya singkong gorengnya jadi semakin istimewa. Selamat mencoba!

21 comments:

  1. mba blogger ini suka banget bikin saya ngilerrr maksimal..
    kagumnya bahan yang digunakan selalu bahan yang sederhana dan mudah buat dicoba.
    terus seni foto nya juga kelihatan mewah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih, Mbak..kebetulan sy bisanya itu-itu jadinya ya itu-itu aja deh yang dibuat.. :D

      Delete
  2. Terus menulis soal resep makanan yang ena-ena mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, insya Allah, terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Assalamualaikum,
    Idenya ada aja siiiip kudu nyobain nih.
    Singkong goreng mah udah biasa. Ini baru luar biasa ..plus cabe, garam.
    Gurih-gurih ada pedasnya ... enyaaak banget dimakan hangat.

    terimakasih mbak, dibungkus boleh ..qiqiqi sukaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam,
      iya, Mbak...ini enaak pake banget deh apalagi kalau singkongnya empuk :)

      Delete
  4. iya2, sy jg pernah nonton videonya, tikus kecil2 gt lg lari2 kerumunin cabe kering.. ngeri geli liatnya..

    wah, singkong cabe garam enak nih buat cemilan di kantor jg ya mbk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak..jadi gelikan? hiks..
      iya, yuk dicobain :)

      Delete
  5. Kalau di rumah saya namanya de kode ( atau kode kode ) .. ...hahahaja lucu kan namanya

    ReplyDelete
  6. Kalau di rumah saya namanya de kode ( atau kode kode ) .. ...hahahaja lucu kan namanya

    ReplyDelete
  7. Boleh nih dicoba tapi paling saya aja yg makan karena suami dan anak2 gak suka pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, begitu ya, Mbak..di rumah juga saya yang suka, suami nggak terlalu suka pedas..

      Delete
  8. Nyam nyam tampak enak singkong goreng cabe garamnya. Suka mikir juga nih kira2 apa ya bahan cabe kering itu. Dapat dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kebayangnya jadi macam-macam karena tidak tahu prosesnya..hehe. Serem juga kalau sambil diselinap tikus tiap malam :(

      Delete
  9. Bon Cabe aja...

    kalo ibu saya sering langsung di tumis aja sma singkongnya
    klo yg ini belum pernah nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, merek itu yang saya ceritakan di atas, Mas hehe. Wah, coba ah lain kali langsung ditumis :)

      Delete
  10. Sepertinya asik nih, udah lama nggak makan singkong goreng. Terlebih kalau cuaca hujan, pas banget. Ditambah kopi pasti enak..hehe

    ReplyDelete
  11. pasti enak nih...aplg pas cuaca dingin kyk gini y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak.. terima kasih telah berkenan membaca :)

      Delete

Powered by Blogger.