Bolu Mekar Tanpa Soda

January 18, 2018




Assalamualaikum…

Alhamdulillah, pagi ini sengaja saya membuat bolu kukus mekar ‘kurang ikhlas’ buat bekal si kakak. Kenapa kurang ikhlas? Lihat saja penampakannya, mekarnya masih malu-malu, walapun tetap mekar..he.

Resep ini saya dapatkan di Cookpad milik mas Anto yang sudah di-rebake banyak orang. Aslinya mekarnya cantik banget apalagi perpaduan dua warnanya pas banget dipandang. Tapi, punya saya karena bikinnya pagi-pagi, jadi masih dingin, makannya dia malu-malu..hehe. Alasan apa coba? :D

Bolu ini manisnya pas, nggak eneg dan sedikit saya tambahkan vanila essence supaya lebih wangi. Saya pribadi nggak pernah sedia soda di rumah. Jadilah resep ini cocok banget buat dicoba apalagi pas buru-buru nggak sempat beli bahan lainnya.

Bahan:
250 gr terigu serbaguna
200 gr gula pasir
2 butir telur ukuran besar (atau 3 butir ukuran kecil)
1 sdt SP
150 ml air
1 sachet susu bubuk 
Sedikit vanila essence (tambahan dari saya untuk menghilangkan bau amis)
Secukupnya pewarna makanan

Cara membuat:
·         Campur 150 ml air dengan susu bubuk dan vanila essence. Aduk rata dan sisihkan.
·         Mixer telur bersama SP sampai berbusa, masukkan gula pasir dan mixer sampai kental selama 5 menit.
·         Masukkan campuran air dan susu. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengental selama kurang lebih 10 menit.
·         Ayak terigu dan masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur yang mengental. Mixer dengan kecepatan rendah sampai rata.
·         Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu berwarna biru lebih banyak, dan sisanya berwarna merah. Aduk lipat, jangan pakai otot, ya!
·         Masukkan adonan biru ke dalam cup sampai agak penuh. Kemudian tuang adonan merah sampai penuh. Lakukan sampai adonan habis.
·         Kukus selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa bungkus tutup pancinya dengan kain bersih, ya.
·         Sajikan.



Itulah resep mudah membuat bolu kukus mekar tanpa soda. Kalau dilihat, bahannya nggak jauh beda sama  bolu mingkem. Tapi kenapa yang ini bisa mekar? Nggak mau mikir nanti malah pusing, yaa. 

Kegagalan saya kali ini bisa terjadi karena beberapa hal, pertama saya menggunakan cup tidak sesuai dengan ukuran cetakan. Itu cup buat roti manis yang muat ukuran cetakan muffin..he. Kedua, bisa juga karena saya kurang lama mengocok telurnya, ketiga saya kurang ikhlas mungkin pas bikin tadi, ya..hehe. Mungkin ini bakal jadi pembelajaran yang berharga, bahwa ketika melakukan sesuatu haruslah dengan rasa tulus. Jangan hanya ngaku ngefans sama Tulus aja, tetapi hati juga harus tulus..hihi. 

Saya merangkum tips suksesnya pada artikel saya yang terbit di Uc news. Silakan jika ada yang berkenan membaca di sini, atau di aplikasi Cookpad pada akun saya di sini.

Yuk, dicoba..siapa tahu mekarnya lebih ikhlas dari milik saya :D


Happy baking, ya!

18 comments:

  1. ya ampun itu cantik banget bolunya..inget banget waktu kecil jajannya bolu-bolu kukus warna warni kayak gini. bentuknya cantik banget..salut deh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal inikah 'agak' gagal mbak..jadi lumer disanjung, nggak jadi nangis di lantai dapur hehe

      Delete
  2. simple ya mba bahan2nya,,
    kuenya terlalu cantik untuk di makan,hiksss

    ReplyDelete
  3. saya terima sudah masak saja yach Mbak..... :)

    ReplyDelete
  4. Saya suka sekali kue bolu, tapi saya tidak pandai memasak. Hanya pandai menyicip :) haha

    ReplyDelete
  5. Bisa kali kapan2 kita di masakin sama mbak Muyassaroh :D

    ReplyDelete
  6. hai mbakk.. asik baget liat kuenyaa.. but saya belum punyatempatnya nih buat bikin bolu mekar.. harus pergi dulu ke supermarket nih biar bisa eksekusi di rumah.. thanks tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  7. Aku coba ah besok hari minggu, q juga suka bikin2 kue mbak.. Tp blm pernah bikin bolu tanpa soda, tengkyu resepnya yak

    ReplyDelete
  8. Kayaknya kepagian deh bikinnya, jadi masih ngantuk dia bolunya..hahha..btw, aku save resepnya, biasanya bikin pakai soda ..ini ga pakai aja cantik begitu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, benar, Mbak..kedinginan nih bolunyaa...:D

      Delete
  9. Mbak Muyass, kalo aku deket sama Mbak rumahnya. Bakalan berguru perkuean nih. Aku gak bisa apa-apa soal kue - kue... Hiks. Bisanya cuman beli terus makan aja

    ReplyDelete

Powered by Blogger.