Sambel Ijo

October 31, 2017


Assalamualaikum..lama juga tidak menulis resep. Jujur saja karena memang jarang masak macam-macam, lebih banyak mengerjakan PR tulisan yang menumpuk. Nah, kebetulan tadi pagi sedang ingin sekali makan sambel ijo ala ibu saya.

Dulu, saat masih kecil, ibu sering sekali memasak sambel ijo ini di rumah. Kebetulan biasanya bertepatan dengan hari panen cabe. Yup, bapak biasanya menanam sayuran termasuk cabe besar ini di sawahnya.

Uniknya, sambel ini nggak sama kayak di rumah makan padang itu. Kalau saya makan sambel ijo di rumah makan padang, sambelnya berasa hambar dan biasa aja…he. Sedangkan sambelnya ibu ini rasanya segar karena ada perasan jeruk nipis sesaat sebelum apinya dimatikan. Ibu juga menambahkan geprekan jahe di dalamnya. Jadi, rasanya itu gurih, segar, nggak terlalu pedas dan hm, dimakan dengan nasi panas aja tanpa lauk lainnya pun tetap enak banget!

Cabenya boleh diulek kasar atau haluskan dengan chopper seperti yang saya lakukan. Sebenarnya jauh lebih enak diulek kasar, cuma lagi malas ulek mengulek. Jadilah dimasukkan chopper semua bahannya dan diproses sebentar saja supaya hasilnya tidak terlalu hancur.

Pernah juga saya campurkan cumi asin ke dalamnya. Rasanya juga tetap enak, tapi saya lebih suka yang original seperti ini. Mungkin seperti sedang makan di rumah ibu, atau memang karena sering sekali makan sambel ini, jadinya lidah saya sudah begitu hafal dan kangen setiap makan dengan lauk sederhana begini.

Bahan:
2 genggam cabe hijau besar, potong sedang
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 iris (tebal) jahe, geprek
Sedikit perasan jeruk nipis atau jeruk limau
Secukupnya garam
Sedikit kaldu bubuk (bila suka)
Secukupnya minyak untuk menumis

Cara membuat:
·        Haluskan bawang merah, bawang putih dan garam. Lalu masukkan irisan cabe hijau. Ulek kasar.
·        Panaskan minyak, tumis semua bahan termasuk jahe geprek. Aduk-aduk terus supaya tidak gosong. Beri kaldu bubuk.
·        Setelah sambel mulai berubah warna dan bawang matang, beri perasan jeruk nipis. Aduk dan segera matikan apinya.
·        Sajikan dengan nasi panas dan pelengkap.





Cocok banget dimakan dengan lauk apa saja. Tapi kalau saya lebih suka makan pakai sambelnya aja…he. Selamat mencoba, ya…^^


Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Blogger Muslimah Indonesia

4 comments:

  1. Mb kenapa ya kalau aku bikin sambel cabe ijo warnanya jadi kecoklatan ? Ada tipsnya gak biar cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin terlalu lama masaknya mbak, kalau tidak terlalu lama biasanya masih tetap hijau cantik...

      Delete
  2. Lapar2x aku seringnya beli dirumah makan padang 5000 rb sambal ini

    ReplyDelete

Powered by Blogger.