Biasakan Sarapan Setiap Hari

October 24, 2017
sumber


Saat kecil, saya sudah terbiasa sarapan sebelum berangkat sekolah. Pagi-pagi, ibu belum menyalakan tungku kayunya. Tapi nasi sisa kemarin masih ada. Saya menyantapnya dengan lauk seadanya. Kadang hanya kerupuk, kadang ikan asin. Saya juga masih ingat, saat menyantap sesuap nasi, saya sering diserbu mual. Entah karena kondisi perut yang tidak bersahabat, entah karena terlalu pagi makan dan sampai sekarang saya tidak tahu penyebabnya. Meski seadanya, ibu selalu mewajibkan saya sarapan sebelum berangkat sekolah.

Hm, ternyata sarapan memang mempunyai banyak mafaat, ya bagi tubuh kita. Terutama bagi kelangsungan aktivitas kita selanjutnya. Saya juga mewajibkan suami dan si sulung untuk sarapan setiap hari sebelum berangkat kerja dan sekolah. Makannya, pagi-pagi sekali saya sudah harus menyiapkan semuanya, mulai dari teh hangat, sarapan, dan dua kotak bekal untuk si kakak.

Alhamdulillah, meski suami harus berangkat jam 6 pagi ke kantor yang jaraknya sangat jauh, dia tetap menyantap sepiring nasi atau setangkup roti. Dan si kakak pun juga sama. Selalu sarapan sebelum akhirnya jemputannya menanti di depan rumah.

Lalu apa saja sih manfaat sarapan bagi tubuh kita?

1.      Memberikan energi bagi tubuh. Kalau nggak sarapan biasanya malas melakukan aktivitas, kadang juga cepat mengantuk. Nggak asyik juga, ya kalau tiba-tiba ketiduran di kelas atau di tempat kerja?
2.      Menjaga supaya tetap konsentrasi. Ini penting sekali terutama bagi yang bekerja dan sekolah. Kalau sampai hanya karena lapar konsentrasi buyar, maka buyar sudahlah semuanya. Klien bisa kabur, guru bisa ngamuk karena ditinggal melamun. Aduh, nggak banget, kan?
3.      Mencegah penyakit maag. Sarapan bisa menetralisir asam lambung. Yang punya penyakit maag biasanya mual dan perih jika telat sarapan, kan? Nah, mulai sekarang jangan malas-malas sarapan, ya!
4.      Membantu bagi yang sedang diet. Kalau sedang diet justru disarankan sarapan pagi sebab sarapan selain membantu proses metabolisme juga bisa menghindarkan kita dari makan berlebihan karena terlalu lapar. Padahal, biasanya orang diet jarang sarapan. Nggak mau makan nasi, tapi siangnya bakan lontong dan bakso semangkuk *eh.
5.      Menghilangkan stres. Nggak enak ya, ketika tugas kantor numpuk, tiba-tiba perut melilit dan sakit hanya karena lapar dan tidak sarapan. Mau pergi sebentar, bos bisa ngomel. Mau ngemil, ternyata stok camilan di meja sedang kosong. Akhirnya hanya menggerutu stres dan terpaksa menunggu waktu makan siang untuk mengisi perut yang kosong. Kebayangkan susah banget menyelesaikan berbagai macam tugas ketika sedang lapar?


Nah, karena sudah tahu betapa pentingnya sarapan pagi, maka mulai sekarang usahakan selalu sarapan sebelum berangkat kerja atau sekolah. Selain menyehatkan, sarapan juga punya banyak sekali manfaat. Yuk, sarapan setiap hari ^^

#ODOPOKT22
Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Blogger Muslimah Indonesia

4 comments:

  1. Alhamdulillah saya dari kecil juga terbiasa sarapan. Hingga kini, anak-anak dan suami juga saya biasakan sarapan. Di kelas, saya juga selalu bertanya apakah anak-anak sudah sarapan. Karena sarapan sangat penting sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sarapan memang sangat penting ya mbak.. ^^

      Delete
  2. Saya dari kecil juga terbiasa sarapan, Mbak..Sekarang di rumah saya sekeluarga juga membiasakan hal yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ya mbak, saya juga begitu. Walaupun semua berangkat pagi-pagi, tetap saja selalu disempatkan sarapan di rumah atau dibawa nanti disantap di tempat kerja...

      Delete

Powered by Blogger.