Zuppa Soup



Assalamualaikum…kemarin saya sempat membuat menu sarapan sederhana kesukaan keluarga, bukan hanya anak-anak sih. Saya dan suami juga doyan..he. Makanan ini sering juga kita jumpai saat ada acara kondangan dan sekarang sudah lumayan banyak juga dijual di pinggir jalan.

Kalau di Jakarta, biasanya saya jumpai juga di BKT nih. Kadang juga beli di restoran pizza. Tapi, jujur saja membuat sendiri jauh lebih puas dari segi rasa dan harganya. Nggak mau bilang udah jago masak, tapi yang dijual itu benar-benar seadanya dengan harga yang ada-ada banget…he. Apalah maksudnya, ya? Isian sup krimnya bisa dihitung jari, lho. Jagung pipilnya hanya satu dua dan tiga. Ayam filletnya juga hanya dua biji aja. Hm, kalau kayak gini apanya yang mau dimakan...nggak puas banget!

Kalau buat sendiri, saya bisa membuat sup krimnya yang ngeju, yang gurih manisnya pas, yang susunya banyak, yang isiannya banyak juga. Nah, sayangnya setelah memikirkan bakalan diisi apa aja supnya, justru keadaannya berkata lain. Di rumah hanya ada sosis dan susu cair. Ayam nggak ada karena emang belum belanja ke tukang sayur (padahal deket rumah..hehe), nggak ada jagung manis juga. Intinya ini saya buat sederhana karena emang itulah keadaan kulkas saya pada waktu itu *sambil menerawang isi kulkas 

Seharusnya, sup krim itu enaknya dibuat dengan full susu cair, diberi isian jagung manis pipil, ditambah potongan daging ayam, diberi juga sosis serta taburan keju plus oregano kering.

Tapi, kalau nggak ada ngapain juga sih dipaksa? Betul, kan? Saya tipe orang yang lebih suka memanfaatkan barang dan bahan yang ada aja di rumah menjadi sesuatu yang spesial. Iya, spesial itu nggak harus mewah dan mahal. Masakan buatan kita aja bakalan spesial buat anak-anak sebab dibuat dengan penuh cinta *eaaa

Udahan ya ngelawaknya..hehe. Untuk membuat zuppa soup, kita butuh sup krim dan pastry di atasnya. Puff pastry sendiri bisa kita buat atau beli jadi dan tinggal pakai sesuai kebutuhan. Nah, kebetulan saya termasuk pengguna pastry yang kedua tersebut. Soalnya masih belum kebayang aja bikin pastry sendiri secara kayaknya akan sangat ribet, nggak mungkin kayak bikin roti yang sambil gendong bayi, nggak bisa seperti goreng donat yang sambil bawa adek di sebelah kiri. Jadi, saya menyerah sampai di sini kalau disuruh buat pastry…he.



Merek pastry instan yang biasa saya beli adalah merek EDO ini. Harganya nggak mahal sebab isinya bisa dipakai untuk beberapa mangkuk. Kalau nggak salah harganya sekitar 30 ribuan sekian. Kita bisa menjumpainya di supermarket besar atau mungkin di pasar (tapi saya belum pernah nyari di pasar..he)



Sekarang, langsung aja kita masak, yaaa..

Bahan Sup Krim:
3 buah sosis
1 buah jagung manis pipil (Skip)
½ bagian fillet dada ayam potong dadu (Skip)
Secukupnya parutan keju (Skip)
500ml susu cair atau boleh juga mix air (boleh tambah sesuai kebutuhan)
1sdm margarin untuk menumis
½ bawang bombay cincang halus (Skip)
2 siung bawang putih cincang halus
1sdm terigu serba guna
Sedikit merica bubuk
Secukupnya gula dan garam
Sedikit oregano

Bahan puff pastry:
Secukupnya kulit pastry
1 butir telur (pisah kuning dan putihnya)

Cara membuat:
·        Panaskan margarin, tumis bawang sampai wangi, masukkan terigu dan aduk cepat sampai rata (pakai api kecil saja)
·        Masukkan susu atau air, sosis, dan isian lainnya. Tunggu sampai matang lalu masukkan susu cairnya (kalau mix susu dan air). Bumbui gula dan garam.
·        Masukkan keju parut dan oregano. Matikan api. Sisihkan.
·        Siapkan wadah tahan panas. Isi dengan sup krim hanya sampai seperempatnya saja, ya. Jangan terlalu penuh takut meluap dan merusak kulit pastry.
·        Olesi bibir mangkuk atau gelas dengan putih telur. Taruh kulit pastry yang telah dipotong melebihi ukuran mangkuk di atasnya. Oles atasnya dengan kuning telur.
·        Panaskan oven 10-15 menit sebelum memanggang. Panggang suhu 180’C atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Panggang sampai pastry mengembang dan keemasan.
·        Sajikan selagi hangat.



Note:
·        Sup krim sebaiknya jangan terlalu asin. Sebab kalau pakai kulit pastry merek EDO hasilnya akan keasinan jika dimakan dengan supnya.
·        Pemakaian keju parut akan menambah rasa asin, jadi pastikan jangan terlalu banyak memasukkan garam.
·        Ukuran kulit pastry sebaiknya dilebarkan supaya nanti saat memanggang kulitnya nggak masuk ke dalam karena ukuran yang terlalu kecil.
·        Kulit pastry instan seperti ini bisa juga digilas supaya lebih tipis dan digunakan sesuai kebutuhan.
·        Dan terakhir jangan memasukkan sup terlalu banyak ke dalam mangkuk, cukup seperempat gelas saja.

Gimana? Gampang bangetkan buatnya. Untuk resep ini menghasilkan empat gelas zuppa soup. Jadi, kalau mau buat porsi lebih, tinggal ditambah dan utak atik aja sesuai selera, ya! Happy cooking, mam!


Baca juga resep Sambal Goreng Ati Ampela

0 comments:

Post a Comment