Mango Sticky Rice

September 22, 2017




Assalamualaikum…kali ini kita bakalan kulineran sama mangga dan ketan. Pas pertama lihat ini di IG. Ada yang jualan dan sukses bikin saya pengen banget bikin. Alhasil saya pun belanja kebutuhan buat bikin ini. Nggak sempat merendam ketan juga. Kalau teman-teman mau coba, nanti rendam beras ketannya semalaman. Besoknya baru dimasak, ya.

Memasak ketannya pun biasanya harus pakai santan supaya lebih gurih. Tapi saya sendiri memilih tidak pakai santan karena nantinya akan diberi kuah santan. Jadi sebenarnya ini nggak sama dengan yang pakai saus santan kental yang diberi maizena, ya. Yang saya buat ini malah lebih mirip sama kolak…hehe. Karena saya pengennya seperti ini, nggak mau yang pakai saus kental dari santan seperti yang kita lihat dari Bangkok. Jadi, makannya kayak sambil berendam di kolam santan. Apa sih…he.

Nah, kalau teman-teman mau yang pakai saus kental, tinggal masak saja santannya dan beri larutan maizena (1sdm maizena dilarutkan dengan sedikit air). Aduk-aduk saja dan jangan lupa beri susu kental manis, gula dan daun pandan.

Nah, kalau saya buat ini sangat biasa saja. Saya hanya memasak ketannya seperti kita memasak nasi dengan diaron. Kita masukkan beras ketan yang sudah dicuci bersih dalam kukusan yang telah panas. Tutup. Setelah setengah matang, kita beri air panas dan aduk-aduk. Tutup lagi. Kalau masih keras juga beri air panas lagi aduk lagi. Nah, sampai ketannya matang. Karena saya tidak merendam ketannya, jadi agak lama matangnya.

Kuahnya saya pakai parutan kelapa yang diberi air hangat (air matang). Peras santan sedang-kental, ya. Lalu beri gula dan siramkan pada ketannya. Beri topping mangga dan diberi susu kental manis. Selesai. Hasilnya legit dan enak.



Resepnya? Saya kemarin nggak pakai takaran, jadi sebagai seorang perempuan yang kemarin nggak lihat resep, saya jujur saja pakai perasaan…he. Kemarin saya hanya pakai 1 ½ cup beras ketan. Dan untuk airnya sesuai selera karena nggak matang-matang, ya saya lakukan hal yang sama berulang.

Oke, untuk ketan yang dimasak dengan santan, caranya juga hampir sama saja. Kita kukus beras ketan. Sambil mengukus, kita rebus santan dengan daun pandan. Aduk terus jangan sampai santan pecah, ya. Beri sedikit garam dan gula secukupnya. Tambahkan daun pandan simpulkan. Setelah mendidih, masukkan kukusan berasnya yang masih setengah mateng dan cenderung mentah ke dalam rebusan santan. Aduk terus sampai santan sat dan ketan matang.

Saya sarankan jangan pakai santan terlalu banyak kalau takut kelembekan. Lebih baik nantinya ditambah jika kurang. Untuk rebusan santan ini bisa juga diambil sebagian dan dibuat saus. Hanya tinggal menambahkan larutan maizena dan susu kental manis saja. Nggak susah. Dan saya yakin resep mango sticky rice ini sudah banyak banget di internet. Jangan takut ketannya jadi bubur karena kelembekan, biasanya abis jadi bubur malah naik haji, kan? Kayak tukang bubur naik haji itu…he. Nggak nyambung…he.


Sebenarnya ini sedang posting resep apa tips, ya? He. Entahlah…Sepertinya ini sebuah jebakan, ya? Selamat mencoba yaaa tips dari saya... :D

No comments:

Powered by Blogger.