Opor Ayam

September 01, 2017


Assalamualaikum…alhamdulillah, kali ini saya mau share salah satu menu khas lebaran salah satunya adalah opor ayam. Opor ayam sebenarnya bisa saja diganti dengan sayuran seperti sayur pakis, pelengkap lontong sayur yang ditambah cincangan daging sapi atau juga kare kambing dan masih banyak lagi.

Saya buat yang bisa diterima lidah semua orang di rumah. Kalau bikin yang pedas, anak-anak pasti nggak mau makan. Nah, kalau opor seperti ini kan nggak pakai cabe, jadi aman.

Memangnya opor pakai cabe? Iya, kalau ibu saya di Malang selalu membuat opor ayam ditambah cabe merah. Beda sekali dengan di sini. Rasanya nggak pedas, hanya untuk pemanis warnanya aja. Jadi rasa pedasnya nggak dominan.

Tapi opor seperti itu ternyata tidak banyak dipakai orang. Kebanyakan lebih suka pakai resep opo seperti ini. Hm, gimana kalau langsung saja ya saya share resepnya.

Bahan:
1 ekor ayam penjantan ukuran agak besar
1 butir kelapa pisahkan santan kental dan cairnya.
Bumbu haluskan:
2 siung bawang putih
10 siung bawang merah
2cm kunyit
1cm jahe
1cm lengkuas
3 butir kemiri
1 batang serai
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
5 butir cengkeh
Secukupnya gula dan garam
1 batang daun bawang iris



Cara membuat:
1.      Goreng ayam sampai setengah matang, sisihkan.
2.      Haluskan bumbu dan tumis sampai wangi dan tidak langu dengan api kecil saja. Masukkan juga potongan daun bawang. Tumis sampai layu.
3.      Masukkan bumbu dalam campuran ayam dan santan encer. Bumbui dengan garam dan sedikit gula. Aduk terus jangan sampai santan pecah.
4.      Setelah mendidih, masukkan santan kental. Aduk terus, tes rasa. Rajin ngadk supaya santan tidak pecah. Setelah semua matang, matikan api.
5.      Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Note: Kalau malas, bisa langsung pakai santan sedang saja tidak perlu dipisah-pisah. Maksudnya saya yang malas..hehe.


Baca juga resep Rendang

No comments:

Powered by Blogger.