Cup Cake Vanilla Tanpa BP

August 25, 2017

Assalamualaikum…alhamdulillah, beberapa hari ini sudah mulai beraktivitas seperti biasa dan ditambah kesibukan yang sebelumnya sempat hilang, apa itu? Menyiapkan bekal buat sekolah! Yeaaay…..*tepuk tangan sendiri.

Kakak termasuk tipe anak yang nggak susah makan, tapi pemilih. Jadi, makan sama sayur bening dan tempe aja jadi gitu. Itu karena dia mudah makannya. Tapi, karena pemilih jadi suka repot dan bingung kalau menyiapkan makanan yang itu-itu aja. Kalau di rumah masak soto ayam atau rawon, dia yang paling gencar melakukan aksi tutup mulut sedangkan orang lain heboh dan bahagia ada menu jawa timuran…hihi. Jadi, solusinya? Kakak makannya pake kuahnya aja ditambah kerupuk..itu pun sambil gondok gitu makannya…:D




Berhubung kakak susah makan nasi kalau lagi ke sekolah, maka saya membuatkan cup cake tanpa hiasan pagi-pagi setelah subuh. Bikinnya nggak lama karena nggak pake nungguin fermentasi kayak bikin roti atau donat. Kakak bilang enak, teman-temannya juga suka. Pulang sekolah kotak bekalnya kosong. Senang emaknya!



Resep cup cake ini juga nggak pakai pengembang. Resep asli dari mba Vonny Ratna di cookpad. Yuk dicoba.

Bahan:
3 butir telur
100gr terigu protein rendah
1/4sdt garam halus
90gr gula pasir
25gr minyak sayur
35gr santan kental atau susu cair.
1sdt vanilla esktrak

Cara Membuat:
1.      Ayak terigu dan garam. Sisihkan.
2.      Campur minyak, santan serta vanilla ekstrak. Aduk rata sisihkan kembali.
3.      Mixer telur dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Lalu masukkan gula pasir jadi 3 tahap. Mixer sampai kaku, kental berjejak. Ingat! Harus sampai soft peak, ya. Matikan mixer.
4.      Masukkan terigu 3 tahap. Aduk balik dengan spatula. Ngaduknya nggak pake tenaga, ya. Kalau bingung gimana itu ngaduk balik bisa dilihat di youtube, ya.
5.      Masukkan campuran minyak menjadi 2 tahap. Aduk balik jangan over mix, ya. Ngaduknya juga santai aja.
6.      Panaskan oven 10 menit sebelum memanggang.
7.      Masukkan adonan dalam loyang yang telah diberi cup. Hentakkan 2x pelan-pelan aja supaya gelembung udaranya hilang.
8.      Panggang dengan suhu 170,c selama kurang lebih 20-25 menit. Tergantung oven masing-masing, ya.
9.      Ketika sudah kecoklatan atasnya bisa dicek dengan tes tusuk.



Cup cake ini bisa dihiasa sesuka hati. Kalau saya sendiri kemarin nggak menghias karena kakak juga nggak suka kalau pakai butter krim. Akhirnya ya dibawa polosan gitu aja. Untuk gambar cup cake berhias butter krim yang nggak banget itu diambil waktu pertama kali bikin cup cake pandan..hihi. Foto lama. Yuk, dicoba. Bisa buat sajian saat ulang tahun atau buat hadiah untuk kejutan spesial. Kejutan apa? Misalnya kenaikan kelas gitu..hihi.


Happy baking, Mom!

No comments:

Powered by Blogger.