Ayam Goreng Tepung Krispi

August 25, 2017


Assalamualaikum sahabat...Kali ini saya mau berbagi resep ayam goreng tepung krispi ala-ala KFC gitu, tapi yang nggak ribet, yang nggak butuh banyak tepung apalagi tepung bumbu instan, yang bener-bener praktis, yang gampang keriting malah kribo kali walau nggak celup berulang-ulang, yang bakal disukai anak-anak serta emak bapaknya, yang harus dicoba!

Resep ini saya adopsi dari resepnya cici cantik dan baik hati Xanderskitchen. Bahan pelapisnya tidak menggunakan tepung bumbu instan melainkan meracik sendiri. Meski sederhana tapi rasanya enak, kripisnya dapat dan gurihnya pun juga nendang.

Sedikit tips aja ya, kalau mau menggoreng coba kecilkan apinya supaya matangnya merata dan sebisa mungkin ayam terendam minyak. Nggak wajib juga tapi lebih bagus kalau menggorengnya dengan minyak yang banyak supaya semua permukaannya terendam minyak.

Beberapa kali saya ditanya, emang dalamnya matang? Saya sendiri sudah mencobanya berkali-kali dan Alhamdulillah matang merata. Potongan ayam pun sebisa mungkin jangan terlalu besar, ya. Saya lebih suka sedang aja supaya banyak juga lapisan tepungnya, jadi nggak daging aja gitu…hehe.

Bahan:
1 ekor ayam, potong sesuai selera
7 siung bawang putih
1/2sdt merica butir
Secukupnya kaldu bubuk
Secukupnya garam
Bahan Pelapis:
1 butir telur kocok lepas
5 sendok sayur terigu
1 sendok sayur maizena



Cara membuat:
·         Bersihkan ayam, cuci dan sisihkan.
·         Haluskan bumbu, lalu lumuri ayam dengan bumbu halus. Tekan-tekan sedikit sampai bumbu merata. Simpan kulkas beberapa jam atau semalaman.
·         Masukkan kocokan telur ke dalam ayam. Aduk rata.
·         Gulingkan ayam dalam campuran tepung. Cubit-cubit supaya keriting dan tekan-tekan.
·         Goreng dalam minya panas dengan api sedang cenderung kecil sampai keemasan. Sekali balik aja, ya.


Sajikan dengan nasi panas dan saus favorit keluarga. Happy cooking, Sahabat!

No comments:

Powered by Blogger.