Asinan Buah


Assalamualaikum, Mom! Masak apa hari ini untuk sajian takjil? Beberapa kali saya membuat asinan buah. Rasanya segar apalagi ketika dinikmati saat dingin. Untuk resep asli saya dapatkan dari dapur VY di cookpad. Hasilnya justru di luar dugaan. Segar sekali!

Biasanya asinan itu dibuat dengan proses pengasaman dengan cuka. Tapi, resep ini menggunakan asam jawa sebagai penambah rasa asamnya. Jadi lebih alami dan lebih sehat untuk lambung. Awalnya saya kira rasanya akan seperti asinan Bogor yang biasa saya beli. Ternyata justru lebih mirip seperti kuah rujak serut, lho!

Untuk jenis buahnya, saya lebih suka menggunakan buah nanas dan mentimun. Ini sesuai selera saja ya, Mom. Buahnya bisa berupa salak, mangga, apel dan beberapa buah tropis lainnya. Saya memakai buah yang tersedia di rumah. Kalau ada nanas, ya pakai nanas. Kalau ada apel boleh juga. Karena saya bukan tipe orang pemilih kalau soal sayur dan buah. Apa pun saya makan asal bukan rumput. *eh

Prosesnya mudah banget! Nggak pake lama. Di taruh di kulkas paginya, malam saat berbuka sudah bisa disajikan dingin. Nikmat banget! Paksu yang biasanya nggak tertarik sama asinan, kali ini sampai nambah-nambah.

Asinan Buah

Bahan:
1 buah nanas ukuran sedang
1 buah mentimun
400ml air
3sdm gula pasir
2sdm gula merah
1/2sdm asam jawa
Sejumput garam

Bumbu halus:
10 cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
1/2sdt terasi bakar

Cara membuat:
1.      Kupas nanas, siram air garam. Cuci bersih dan potong sesuai selera.
2.      Kupas juga mentimun. Potong sesuai selera.
3.      Haluskan bumbu. Campur dengan semua bahan. Rebus sampai mendidih dan bumbu matang. Dinginkan.                 
4.      Tuang kuah sambil disaring ke dalam buah yang sudah dipotong-potong. Simpan di kulkas. Sajikan dingin dengan taburan kacang panggang atau kacang goreng.

Mudah kan? Untuk manis dan asamnya bisa disesuaikan dengan selera. Boleh tambahkan asam jawa. Boleh juga tambahkan gula merah. Saya sendiri lebih suka memakai kuah yang banyak dan tidak terlalu pedas. Jadi saya skip cabe rawitnya.

Sajikan menu spesial nan sederhana ini di meja makan. Buatnya mudah, hasilnya nggak diragukan lagi. Happy cooking, Mom!

0 comments:

Post a Comment