4 Tips Sukses Membuat Ketupat


Assalamualaikum teman-teman…sebelumnya izinkan saya mengucapkan selamat hari raya Iduladha 1438 H. Mohon maaf lahir dan bathin, yaa…

Lebaran identik dengan ketupat. Kalau di kampung halaman, ketupat itu hanya ada pas hari ke-7 setelah lebaran Idulfitri, lho. Tapi ketika tinggal di Jakarta, saya pun harus membiasakan diri untuk menyantap ketupat setiap hari-H saat lebaran tiba.

Siapa yang suka buat ketupat? Jujur saja sampai sekarang saya belum bisa yang namanya membuat kulit ketupat dari janur. Di rumah, hanya saya saja yang nggak bisa, lho. Hahaha. Memalukan sekali, bukan? Untungnya kalau nggak bisa masih bisa beli, ya. Coba kalau nggak ada yang jualan, bagaimana nasib lebaran saya setiap tahun? *lebay :D

Saya mau share sedikit tips aja bagaimana supaya ketupat yang kita buat tidak merah. Ini sih sebenarnya bukan dari saya tapi dari ibu, karena jujur saja dari dulu saya nggak bisa masak. Ibu aja sekarang kadang heran dan bilang,

“Kamu dulu mau buat sayur bening aja masih nanya resep,” ah ibu bikin inget masa lalu aja…hehe.

Saking parahnya, nya, dan nyaaa. Ibu bilang kalau saya lebih suka bebersih seperti nyapu ketimbang masak, lebih suka ngepel. Yah, jiwa bebersihnya masih kuat banget soalnya…hehe.

Kembali lagi sama ketupat. Supaya ketupat bagus, nggak merah dan bersih, saya akan share beberapa tipsnya.

1.      Masukkan ketupat hanya ketika air sudah mendidih.
2.      Pakai air yang lumayan banyak supaya ketupat bisa terendam sempurna juga.
3.      Jangan lupa selalu menambahkan air panas yang sudah mendidih jika air rebusan mulai menyusut.
4.      Angkat ketupat dan celupkan dalam air suhu ruang. Sambil agak diusap supaya bersih lalu segera angkat dan tiriskan. Biasanya digantung biar kering.

Saya sendiri nggak jago bikin ketupat. Kadang kelembekan kadang keras. Hehe. Nah, untuk mengisi ketupat, isilah beras sampai pada batas pojokan di kedua sisi. Apa sih bahasanya? Jangan kurang dari itu ya.

Semoga tips ini bermanfaat atau malah sudah pada tahu semua, ya? Hehe. Maafkan, soalnya saya baru-baru ini juga sih rajin masak. Biasanya nggak yakin dengan tangan sendiri… :D

0 comments:

Post a Comment