6 Hal Yang Perlu Disiapkan Saat Hendak Mudik

sumber


Assalamualaikum...

Senangnya saat lebaran tiba, terlebih bagi para perantau seperti saya. Setiap tahun insya Allah bisa mudik ke kampung halaman dengan memboyong serta keluarga kecil. Tapi, kadang persiapan yang teburu-buru bisa bikin kita nggak nyaman di jalan. Barang tertinggal dan beberapa keperluan yang terlupa. Sebal dan kesal? Kenapa nggak hati-hati saat prepare?

Saya pun demikian, kadang karena terlalu banyak barang bawaan, bisa membuat saya lupa. Ada beberapa keperluan yang pada akhirnya tertinggal. Mungkin terlalu antusias dan senang, atau mungkin memang saking bingungnya sebab mudik memang sebenarnya nggak mudah terutama bagi yang punya balita. Perlu banyak banget persiapan.

Di sini, saya akan coba share beberapa hal yang selalu saya lakukan saat akan mudik. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu teman-teman yang kesulitan saat akan mudik ke kampung halaman.

1. Tulis semua keperluan yang akan dibawa. Misalnya membuat catatan seperti keperluan mandi, tulislah lebih rinci tentang apa saja yang akan dibawa seperti sikat gigi, sabun atau shampo. Tulis juga keperluan lain seperti obat-obatan, pakaian dan seterusnya.
2. Tandai catatan jika barang sudah masuk ke dalam koper atau ransel. Jadi, yang belum disiapkan bisa dengan mudah dilihat.
3. Siapkan pakaian secukupnya saja. Nggak perlu terlalu banyak sebab itu juga akan menyulitkan saat membawa. Jangan lupa, rajin mencuci juga saat mudik supaya ketika kembali ke rumah, nggak banyak pekerjaan menumpuk.
4. Bersihkan dan rapikan rumah sebelum meninggalkannya. Jangan lupa matikan lampu dan beberapa yang perlu. Lepas selang gas saat mudik. Saya mencatat bagian penting ini dan menempelnya di kulkas. Sebab poin nomor empat dilakukan buru-buru. Berbeda dengan menyiapkan baju dan keperluan lain.
5. Siapkan camilan, minuman, tisu serta kantong plastik. Untuk persiapan saat di jalan, kantong plastik kosong buat sampah ketika sulit mencari tempat sampah atau untuk membungkus popok.
6. Siapkan uang kecil di tempat yang mudah dijangkau. Jika sewaktu-waktu butuh bisa dengan mudah diambil.


Semoga beberapa tips ini bisa memudahkan teman-teman yang ingin prepare lebih mudah...Selamat kembali ke kampung halaman, melanjutkan aktivitas seperti biasa dan tetap semangat!

0 comments:

Post a Comment